Sunday 19 November, 2017
Faktor Yang Harus Di Perhatikan Dalam Investasi Tanah
Sukses Faktor Investasi Tanah

Karena keterbatasan tanah, investasi tanah di Indonesia cukup di minati, tanah di dunia tidak akan bertambah. Tentu secara umum harga tanah pasti naik, tidak penah turun dan tidak pernah sepi peminat Namun ada beberapa faktor.

Lokasinya Yang Strategis Harga tanah dan kecepatan kenaikan di suatu tempat sangat berpengaruh dengan lokasi dan fasilitasnya. Di kota tentu berbeda dengan di desa, biasanya di sesuaikan dengan nilai properti di sekitarnya. Keamanan dan kenyamanan areanya. Pilihlah yang menurut anda bisa cepat laku dan banyak diminati orang.

Jangka waktu. Investasi tanah pada umumnya menguntungkan namun anda sebaiknya memilih yang berjangka pendek, jangka medium, dan jangka panjang 10 tahun keatas.kurang cocok jika jangka waktu investasinya pendek misalnya dibawah 3 tahun. Sebab kemungkinan kenaikan harga tanahnya belum mampun menutup biaya-biaya pembelian dan penjualannya kembali. Biaya-biaya ini antara lain biaya akta jual beli, balik nama sertfikat, pajak pembelian tanah, pajak bumi dan bangunan, maintenance / perawatan, dan lain-lian. Dalam hal ini sangat relatif mengingat banyak juga investor yang senantiasa mencari lahan sehingga anda bisa udah untuk menjual saat anda membutuhkan.

Kejelasan Status Tanah. Jangan membeli tanah yang belum jelas statusnya atau masih dijaminkan kepada pihak lain misalnya masih dalam perkara sengketa di pengadilan karena kasus pembagian harta warisan, harta gono-gini perceraian, terganjal kasus pembebasan tanah, tidak bersertifikat, perkara sita jaminan bank, dan lain-lain.

Dokumen atau Surat-surat tanahnya lengkap anda bisa jasa notaris yang teliti. Pastikan bahwa tanah yang dibeli dokumennya lengkap. Seperti Sertifikat tanah (SHM atau SHGB), IMB, kalau ada bangunannya mintalah copy cetak biru bangunannya, SPPT PBB tahun terakhir. Periksalah data-data pada dokumen tanah dengan kenyataan fisiknya mencakup luas tanah, lokasi, masa berlaku untuk HGB dan SHGB.

Return Hasil Investasi Tanah Anda. Harga tanah bisa lebih tinggi dari inflasi, namun untuk perhitungan lebih akurat sebaiknya Anda melakukan penelitian dulu berapa kenaikan harga tanah didaerah yang menjadi pilihan Anda.

Jangka waktu. Investasi tanah kurang cocok jika jangka waktu investasinya pendek misalnya dibawah 3 tahun. Sebab kemungkinan kenaikan harga tanahnya belum mampun menutup biaya-biaya pembelian dan penjualannya kembali. Biaya-biaya ini antara lain biaya akta jual beli, balik nama sertfikat, pajak pembelian tanah, pajak bumi dan bangunan, maintenance / perawatan, dan lain-lian. Jangan lupa saat Anda menjual kembali Anda juga akan dikenakan biaya pajak penjualan tanah kembali. Karena itu invesatsi tanah hanya cocok dilakukan dalam jangka panjang.

Likuiditas. Pastikan dana yang akan diinvestasikan ke dalam tanah belum akan digunakan untuk apapun dalam waktu lama. Pastikan bahwa jika terjadi keadaan darurat sekalipun Anda sudah memiliki dana cadangan lain, sehingga tidak perlu menjual tanah sebelum waktunya. Sebab, investasi tanah tidak likuid, butuh waktu untuk menjualnya kembali. Jika tiba-tiba terpaksa harus dijual dalam jangka waktu dekat harganya pasti jatuh dan belum tentu bisa menutup biaya-biaya yang sudah terjadi.

Bebas Sengketa. Kejelasan statusnya atau masih dijaminkan kepada pihak lain misalnya masih dalam perkara sengketa di pengadilan karena kasus pembagian harta warisan, harta gono-gini perceraian, terganjal kasus pembebasan tanah, tidak bersertifikat, perkara sita jaminan bank, dan lain-lain. Hindari sengketa dengan surat pernyataan dengan penjual bahwa tanah tersebut tidak bermasalah.

Target Return Hasil Investasi. Rata-rata kenaikan harga tanah bisa lebih tinggi dari inflasi, namun untuk perhitungan lebih akurat sebaiknya Anda mencari informasi dulu berapa kenaikan harga tanah didaerah yang menjadi pilihan Anda.

PROPERTY ADVERTISING:
Promosi dan Iklan produk Property anda di RumahMAX Property Network
Dengan rate yang murah anda bisa mempromosikan perusahaan dan produk property anda dengan tepat.
Hub Kami tomy@rumahmax.com
Faktor Yang Harus Di Perhatikan Dalam Investasi Tanah