Wednesday 23 July, 2014
Peraturan Properti Warga Asing dan Bali
Peraturan Properti Asing dan Bali

Pemerintah telah merancang peraturan baru di bidang properti, khususnya untuk kepemilikan orang asing. Peraturan tentang kepemilikan asing atas properti di dalam negeri diperkirakan baru rampung 2011. Pembaruannya pada intinya pembeli properti di Indonesia termasuk Bali, makin bebas termasuk status kepemilikannya langsung bisa selama 70 tahun. Kebijakan tersebut telah lama diterapkan di Malaysia dan negara lain.

Peraturan itu diharapkan bukan lagi untuk menjaring ekspatriat yang harus tinggal lama di Indonesia, tetapi orang asing yang baru mau tinggal di Indonesia. Aturan pembelian properti sebelumnya mengharuskan hanya warga negara asing yang tinggal di Indonesia yang diharapkan membeli, namun aturan itu akan direvisi di mana orang asing yang tinggal di luar negeri dan minimal pernah tinggal di Indonesia dua minggu bisa diizinkan membeli properti.

Kalangan pengusaha properti sangat mendukung agar secepatnya peraturan ini dirampungkan, karena akan membuka pasar properti seluas-luasnya kepada orang asing. Dengan demikian orang asing akan makin banyak membeli properti di dalam negeri, bahkan juga tinggal di negeri ini bersama masyarakat negeri ini.

Jika benar-benar peraturan ini dirampugkan tahun 2011 mendatang dampak yang sangat krusial dan tentu risikonya sangat besar. Bali, pulau kecil nan dikenal indah yang didukung dengan kebudayaan dari Agama Hindu yang adiluhung itu, bisa akan jadi rebutan termasuk orang asing untuk membeli properti sekaligus tinggal di Pulau Bali.

Harga tanah mahal seberapa pun, jika memenuhi selera orang asing, maka mereka akan beli. Tanah di kawasan wisata, pusat bisnis, rest area di pegunungan, kawasan dekat objek wisata, bahkan kawasan dekat kahyangan jagat, bisa jadi akan diuber. Warga asing mungkin membeli properti sebagai tempat tinggal sekaligus rumah sewa, atau beli properti untuk usaha hotel, maupun usaha lainnya.

PROPERTY ADVERTISING:
Promosi dan Iklan produk Property anda di RumahMAX Property Network
Dengan rate yang murah anda bisa mempromosikan perusahaan dan produk property anda dengan tepat.
Hub Kami tomy@rumahmax.com
Peraturan Properti Warga Asing dan Bali