Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/rumahma1/public_html/web/config/config.php on line 8
Wednesday 17 October, 2018
Industri Properti Nasional Masih Baik
Industri properti nasional optimis bahwa pasar properti Indonesia pada awal 2012, kepanikan sesaat atau market shock akan terjadi. Diprediksi perlambatan ekonomi baru akan terasa awal tahun depan.Meski begitu, properti kelas atas masih akan terus mengalami kenaikan harga hingga akhir 2012. Bahkan, beberapa lokasi menandakan adanya potensi peningkatan harga.

Wilayah seperti Serpong, Pluit, dan Pantai Indah Kapuk misalnya, telah mengalami kenaikan harga mencapai 50%-60%. Cenderung terjadi koreksi harga di pasar sekunder. Namun, bukan bubble (gelembung harga). Begitulah kira-kira pandangan para pelaku sektor properti.

Harga yang meningkat itu karena pengembang yang memberikan patokan harga jauh lebih tinggi serta tidak sepenuhnya mengikuti harga pasar. Apabila harga itu tidak diantisipasi, kondisi itu akan memicu naiknya harga tanah untuk konsumsi rumah kelas sederhana dan menengah.

Sekitar satu hingga dua tahun ke depan diperkirakan cenderung melemah bila pasar telah jenuh. Akibatnya, kenaikan harga rumah kelas atas tidak akan setinggi dua tahun belakangan yang mencapai 50%-60%. Tahun depan, diprediksi kenaikan harga rumah kelas atas hanya sekitar 20%.

Namun, mulai menipisnya lahan pengembangan perumahan di Pulau Jawa mulai mengalihkan pengembangan pasar properti ke luar Pulau Jawa. Apalagi permintaan terus mengalami peningkatan. Catatan saja, pengembang harus hati-hati membaca siklus properti itu.

Bahkan, tren pasar properti pada tahun 2012-2013 diperkirakan bakal beralih ke luar Pulau Jawa. Hal tersebut terindikasi dari mulai banyaknya proyek pembangunan rumah toko (ruko) dan kondominium hotel (kondotel) di luar Pulau Jawa pada tahun ini.

Misalnya, Pekanbaru, Palembang, Makassar, Manado, Samarinda, dan Bali. Memang, saat ini pasar properti Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) masih terus memperlihatkan tren pertumbuhan.

Property Advertising:
Promosi dan Iklan produk Property anda di RumahMAX Property Network
Dengan rate yang murah anda bisa mempromosikan perusahaan dan produk property anda dengan tepat.
Hub Kami: tomy@rumahmax.com
Industri Properti Nasional Masih Baik