Sunday 24 September, 2017
Makassar Mengalami Booming Menurut Para Pelaku Pasar
Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat Makassar akan perumahan, beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan perumahan dan real estate pun bertumbuh bak jamur. Di antara beberapa pelaku bisnis pengadaan perumahan di Makassar, tercatat beberapa nama besar yang merupakan pemain lama. Selain itu, ada pula pelaku bisnis dari luar Makassar yang memiliki nama besar di skala nasional.

Salah satu pelaku bisnis real estate yang cukup populer di ranah Daeng ini adalah Patompo Group. Patompo Group merupakan holding company untuk beberapa perusahaan yang tidak hanya menangani bidang real estate, tetapi juga pendidikan dan kesehatan. Khusus untuk industri real estate, ditangani oleh anak perusahaannya, PT. Timurama. PT. Timurama yang didirikan pada tanggal 17 Juni 1974 dan berkantor di Jalan Balaikota No. 11 A ini bergerak di beberapa bidang usaha, antara lain real estate, perumahan, rumah susun (rusun), kawasan industri, gedung perkantoran, kawasan perbelanjaan, dan lain-lain. Kesuksesan Timurama tidak lepas dari nama besar Rahmat Endong Patompo, putra mantan Wali Kota Makassar, H.M. Patompo.

Selain itu, pesatnya pembangunan perumahan di Makassar dan Sulsel juga tidak bisa lepas dari keberadaan PT. Indonesia Mitra Bersama atau IMB Grup. Setelah sukses dalam pengelolaan, kini pengelolaan IMB Group di bawah nakhoda Andi Idris Manggabarani diserahkan kepada sang putra, Andi Rachmat Idris Manggabarani, sebagai generasi kedua.

IMB Property, salah satu kelompok usaha IMB Group, telah membangun ribuan rumah. Bahkan perusahan ini berobsesi membangun hingga 2.500 rumah huni. Beberapa perumahan yang saat ini telah dibangun oleh IMB Property antara lain Nusa Mappala Gowa dan Metropolitan Residence. Bukan hanya menggarap segmen menengah ke atas, IMB Property juga membidik segmen menengah ke bawah.

Tidak hanya di Makassar saja, IMB Group juga aktif membangun perumahan di Gowa, Maros, Bogor dan Jakarta. Di Makassar, selain properti, IMB Group juga memiliki usaha guest house, hotel, restoran, otomotif dan lembaga keuangan.

Selain pemain lokal, Makassar juga diramaikan oleh beberapa pelaku bisnis nasional. Salah satu yang melirik Makassar adalah Ciputra Group. Menyusul kesuksesan pengembangan perumahan-perumahan mewah di beberapa kota besar di Indonesia, kini Ciputra Group menghadirkan mahakarya real estate di kota ini.

Public Relation and Advertising Inquiry send to: tomy@rumahmax.com
Makassar Mengalami Booming Menurut Para Pelaku Pasar