Sunday 24 September, 2017
Kampung Vertikal Di Padatnya Bandung
Gagasan Kampung Vertikal Di Bandung

Kota terpadat di Indonesia saat ini adalah Bandung, yang mencapai 13,927 jiwa/km2 (bukan lagi Jakarta). Kawasan hunian paling padat di kota Bandung adalah kawasan hunian Pagarsih (kecamatan Bojongloa Kaler), dengan jumlah penduduk 39,240 jiwa/km2 (2007). Dengan demikian diperkirakan Pagarsih merupakan kawasan hunian paling padat di seluruh Indonesia, dan memang sering disebut sebagai salah satu kawasan terpadat di dunia.

Salah satu persoalan di kota-kota besar Indonesia adalah berkurangnya ruang terbuka hijau terus-menerus akibat komersialisasi atas tanah dan masih sangat kurangnya kesadaran pengembang dalam pembangunan berkelanjutan. Isu-isu bangunan hijau seringkali hanya menjadi slogan sebagai alat marketing tanpa betul-betul dilaksanakan secara konsisten. Ruang terbuka hijau di kota Bandung saat ini hanya 6% (2008) yang seharusnya mencapai 30% dalam peraturan pemerintah.

Dalam mengatasi persoalan kekurangan pasokan hunian dan mengejar kekurangan ruang terbuka hijau, pemerintah pusat mencanangkan program 1000 tower rumah susun (2004). Dalam prakteknya, termasuk beberapa bangunan tinggi rumah susun yang telah dibangun sebelumnya, seringkali tidak dapat menjangkau masyarakat dengan pendapatan rendah. Demikian juga rumah-rumah susun yang telah dan sedang dibangun saat ini, hampir seluruhnya ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan menengah yang lebih mampu dan seringkali berasal dari luar kawasan menara rumah susun tersebut dibangun.

Kawasan hunian padat masyarakat berpenghasilan menengah dan rendah seperti di pagarsih ini lokasi oasis social housing, urban village improvement programme— memiliki berbagai persoalan akibat kepadatan penduduk seperti sanitasi yang buruk, kesehatan warga, banjir, ruang terbuka hijau yang minim serta hunian yang tidak layak dan pengap. Sebagai contoh, salah satu rumah satu lantai di atas lahan seluas 100m2 ditinggali oleh 6 keluarga yang terdiri atas 20 orang dan hanya memiliki 1 buah kamar mandi. Oasis social housing merupakan usulan desain untuk mengatasi berbagai persoalan tersebut, agar dapat memperbaiki kualitas hidup warganya melalui perbaikan hunian, lingkungan, dan pengadaan ruang-ruang sosial.
Kampung Vertikal Di Padatnya Bandung