Sunday 24 September, 2017
Exprorasi Material Bangunan Fungsi Dan Bentuk
Berikut Adalah Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membangun

Jalur evakuasi ternyata jalur tersebut dapat menjadi space untuk menghadirkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Otomatis, setiap ruang memiliki minimal satu sisi yang berhubungan dengan ruang luar. Pencahayaan alami pada siang hari dapat 100 persen masuk ke dalam rumah dan ruangan tidak membutuhkan pencahayaan buatan pada siang hari.

Jendela Ganda, kaca dibiarkan berukuran besar yang dapat dibuka lebar-lebar pada siang hari. Udara segar begitu berlimpah masuk ke dalam ruangan, apalagi diatasnya diberi jalusi yang selalu terbuka 24 jam. Jalusi berupa lubang yang cukup untuk mengalirkan udara dan tersedia di atas pintu dan jendela.

Berbicara mengenai jendela, uniknya di setiap kamar minimal memiliki ukuran jendela ganda kira-kira berukuran 1,6 meter dengan tinggi minimal 1,6 meter. Artinya setiap jendela memiliki empat daun jendela, yaitu dua daun jendela krepyak dan dua daun jendela kaca. Jendela ganda bisa dijadikan alternatif solusi hemat energi. Jendela krepyak untuk memasukkan udara segar sedangkan jendela kaca untuk memasukkan cahaya matahari. Bila pada malam hari jendela kaca bisa dibuka tetapi jendela krepyak ditutup, sehingga udara segar dapat tetap masuk ke dalam ruangan.

Penggunaan kelambu bisa menjadi alternatif yang bagus. Desain jendela dapat dijadikan contoh, supaya dapat mengoptimalkan cahaya matahari masuk ke dalam ruang dan tetap menghalau panasnya. Selain jendela harus terbuka, juga penggunaan pet yang cukup lebar agar panas matahari tidak masuk ke dalam rumah tapi cahaya dapat. Model rumah minimalis sekarang, biasa menghadirkan tritisan atau pet pun jadi minimal(is). Desain pet atau tritisan seperti "malu-malu", dengan panjang pet yang sempit sehingga air hujan dan panas matahari masih leluasa mengenai daun jendela bahkan masuk ke dalam ruang. Panjang pet dan tinggi jendela saling berhubungan, semakin tinggi jendela maka dibutuhkan semakin panjang pet yang didesain.

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari kehadiran jendela yang tepat, selain udara dapat masuk ke dalam ruang, dengan jendela terbuka dapat meminimalkan penggunaan kipas angin/AC dan lampu pada siang hari. Artinya energi dapat dihemat.

Ruang Hemat Energi, Ruang keluarga di rumah tua ini, tidak cukup spesifik. Sama seperti rumah lainnya, ruang keluarga pada rumah ini, tempat bercengkrama anggota keluarga sambil menonton televisi. Tapi setidaknya memiliki "nafas" kebersamaan yang bersahaja. Tidak memenangkan ego desainer tapi berlandaskan pada kepentingan penghuninya.

Teladan tersebut yang dapat diambil pada desain masa kini, kehadiran ruang keluarga yang aman dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga dengan konsep keterbukaan dapat menghemat energi. Sesuai dengan namanya ruang keluarga artinya ruang yang dapat menampung seluruh aktivitas keluarga.

Selain untuk bercengkrama sesama anggota keluarga, ruang keluarga juga tempat melakukan aktivitas berbeda secara bersamaan, seperti belajar. Peraturan harus dipatuhi bersama ketika ruang keluarga dapat diberlakukan. Cukup satu televisi pada ruang keluarga yang akan digunakan secara bersamaan dan bergantian juga menambah kesan intim.

Kehadiran ruang belajar bersama yang berada di ruang keluarga, selain untuk belajar toleransi juga disiplin diri. Konsep kebersamaan diterapkan dengan menghadirkan cukup satu komputer pada satu ruang belajar satu yang cukup besar. Ruang tidur hanya digunakan untuk tidur saja, sehingga penghematan penggunaan listrik untuk AC dan lampu.

Penggunaan warna cat yang terang untuk membantu pencahayaan dalam ruang. Setiap ruang memiliki syarat yang sama yaitu nyaman dan sehat. Pemilihan furniture yang sesuai fungsi dan ukurannya menjadikan ruang terasa nyaman. Satu ruang yang membangkitkan memori saya adalah dapur. Bukan dapur yang canggih dan mewah, tapi dapur di belakang dan agak terpisah dari rumah, artinya udara bebas dapat berhubungan langsung dengan dapur.

Meskipun sederhana, dinding dari papan, ruang makan pun langsung berhubungan dengan kolam yang berpulau pohon jeruk nipis. Udara segar dapat leluasa masuk melalui kisi-kisi kayu.

Exprorasi Material Bangunan Fungsi Dan Bentuk