Sunday 17 December, 2017
Rumah Sangat Sederhana Di Jawa Timur
PERUMAHAN MURAH UNTUK RAKYAT BELUM MENYENTUH MASYARAKAT BAWAH

Pembangunan rumah sejahtera bekerja sama dengan perusahaan pengembang atau melalui usaha swadaya warga dibantu pemerintah, untuk keluarga berpenghasilan Rp 1 juta per bulan akan dibantu dibuatkan rumah sejahtera (dulu disebut rumah sederhana sehat/RSh). Disediakan bantuan Rp 10 juta per unit rumah dan setiap tahun targetnya bisa dibangun sekitar 1.500 RSh.

Pada 2009 telah dibangun 12.500 unit RSh dan menjadi komplek Perumahan Bumi Mondoroko Raya di Kecamatan Singosari. Peresmiannya dilakukan Gubernur Jawa Timur, Soerkarwo, 21 Desember 2009. Saat itu Soekarwo menjelaskan sekitar 500 ribu keluarga berpenghasilan rendah di Jawa Timur belum memiliki rumah. Selain itu ada pula 943.044 keluarga sangat miskin, 1.256.122 keluarga miskin, dan keluarga yang hampir miskin sebanyak 330.696 keluarga.

Dibutuhkan dana sekitar Rp 4,2 triliun untuk membangun 500 ribu unit RSh dengan asumsi harga jual Rp 55 juta per unit dengan bunga kredit sangat rendah. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggencarkan pembangunan RSh bekerja sama dengan 38 pemerintah kabupaten dan kota. Ditargetkan 15 ribu sampai 20 ribu unit Rsh bisa dibangun setiap tahun.

Menurut Soekarwo, akibat buruknya sanitasi pada rumah tak layak huni, Pemerintah Provinsi Jawa Timur harus menanggung kerugian rata-rata Rp 3,7 triliun per tahun. Rumah Sederhana sehat masih berlomba dengan meningkatnya kemiskinan.

PROPERTY ADVERTISING:
Promosi dan Iklan produk Property anda di RumahMAX Property Network
Dengan rate yang murah anda bisa mempromosikan perusahaan dan produk property anda dengan tepat.
Hub Kami tomy@rumahmax.com
Rumah Sangat Sederhana Di Jawa Timur