Monday 18 December, 2017
Segmen Pasar Perkantoran Versi Intiland
Segmen pasar ruang perkantoran sewa tahun ini diperkirakan masih menjanjikan kendati dibayang-bayangi dampak krisis keuangan global yang masih terjadi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah permintaan sewa ruang perkantoran masih cukup baik, terutama yang berada di kawasan pusat bisnis atau central business distric (CBD).

Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland), misalnya, berhasil membukukan kinerja yang sangat baik untuk segmen pasar ruang perkantoran sewa. Tingkat hunian atau okupansi gedung-gedung perkantoran perseroan meningkatan cukup baik sejak akhir tahun lalu.

Tren tersebut dapat dilihat dari meningkatnya luas ruang perkantoran yang disewakan di Intiland Tower Jakarta dan Intiland Tower Surabaya. Tingkat okupansi Intiland Tower Jakarta, contohnya, telah mencapai 90%, atau naik signifikan dibandingkan awal tahun lalu yang baru sebesar 71%. Sementara, tingkat okupansi Intiland Tower Surabaya telah mencapai 80%, atau naik dibanding awal tahun lalu yang baru mencapai 74%.

Susan Pranata, direktur pemasaran Intiland menjelaskan, pasar ruang perkantoran sewa, khususnya gedung-gedung di area primer cukup potensial. Hal ini disebabkan masih banyaknya perusahaan yang saat ini membutuhkan ruang-ruang perkantoran, baik yang masuk kategori grade A hingga B. “Saya optimis pasar ruang perkantoran sewa masih bagus karena tingkat kebutuhan lumayan tinggi seiring masuknya investasi baru dan relokasi ruang kantor,” ungkap Susan. Dia memaparkan bahwa melonjaknya tingkat okupansi di Intiland Tower disebabkan cukup banyak jumlah perusahaan yang memindahkan lokasi kantornya ke kawasan CBD. Intiland Tower Jakarta dan Surabaya menjadi pilihan favorit sebab selain lokasinya strategis, juga karena memiliki kemudahan akses transportasi. “Selain itu, tentu saja karena kami terus meningkatkan mutu layanan melalui upaya perbaikan infrastuktur dan fasilitas pendukung yang ada,” ujarnya. Intiland saat ini memiliki atau mengelola beberapa portofolio gedung perkantoran di Jakarta dan Surabaya.

Selain Intiland Tower Jakarta dan Surabaya, perseroan juga mengelola Wisma Manulife Indonesia, gedung Graha Pratama, dan Wisma Sarinah. Graha Pratama yang merupakan gedung perkantoran di kawasan Jl MT Haryono, Jakarta yang tingkat okupansinya mencapai 100%. Intiland juga menggandeng sejumlah agen-agen pemasaran profesional untuk menunjang pemasaran dan memperlebar akses pasar ruang perkantoran gedung-gedung miliknya. Beberapa agen pemasaran yang telah menjalin bekerja sama antara lain Procon Indah, Coldwell Bankers, Collers, dan Era Commerce.

PROPETY ADVERTISING:
Promosi dan Iklan produk Property anda di RumahMAX Property Network
Dengan rate yang murah anda bisa mempromosikan perusahaan dan produk property anda dengan tepat.
Hub Kami tomy@rumahmax.com
Segmen Pasar Perkantoran Versi Intiland