Monday 18 December, 2017
Solar House: Karya University of Maryland
Rumah Experiment Bertenaga Surya

University of Maryland memiliki projek tahunan untuk membangun berbagai projek rumah solar powered, Rumah tenaga matahari memang sudah banyak untuk di negara maju seperti U.S.A. akan tetapi target mereka adalah untuk menemukan cara untuk mencapai efisiensi yang tinggi dengan budget yang lebih murah.

Solar House diatas di bangun oleh UMD pada tahun 2006 dan bisa menghasilkan 9000 W dari total 51 solar panel di atapnya. Dan salah satu fitur utamanya ada 60 pipa air panas dan akan mencukupi semua kebutuhan air panas rumah ini dari tenaga matahari tanpa memanfaatkan tenaga listrik sama sekali.

Jendela untuk rumah ini menggunakan Tripple Paint Windows untuk meningkatkan efisiensi energi, teknologi ini juga kerap di sebut dengan Tripple Glazed Windows. Artinya jendela-jendela ini terdiri dari 3 lapisan kaca yang di tambah lapisan udara si selanya, guna untuk menekan pembentukan kondensasi dan tidak memboroskan udara panas mengingat perlu diperhatikan funsinya untuk di musim dingin di negara bagian Maryland. Untuk mencukupi kebutuhan cahaya di sekitar rumah ini sisi atas rumah ini di kelilingi oleh jendela Tripple Glazed juga.

Dinding rumah terdiri dari berbagai jenis kayu dan di dalam menggunakan gypsum. Lantai menggunakan bambu insulasi lantai, dan di lengkapi dengan kipas angin untuk menjaga temperatur dan sirkulasi udara tetap sejuk. Karena interior di targetkan untuk di perbaharukan (renewable) jadi sangat rasa minimalis dan efisiensi sangat terjaga. Tetapi tetap nyaman dan kamar mandi menggunakan kaca daur ulang untuk lantai dan dindingnya.

Solar House: Karya University of Maryland