Monday 18 December, 2017
Cerita Ragam Arsitektur Indonesia Asli
Rumah Melayu Kalimantan Barat Kalimantan Barat ditancapkan. Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Barat, Usman Ja‘far, menyampaikan petuah dan segunung harapan. Dua tahun kemudian, 9 November 2005, rumah idaman orang Melayu dan simbol kejayaan tamaddun Melayu di bumi Borneo itu diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Rumah melayu merupakan salah satu warisan leluhur Indonesia. Rumah Melayu ini diresmikan. Mulai gagasan menjadikannya sebagai "Center of the Malay Culture" atau pusat kebudayaan Melayu di daerah Kalimantan Barat, hingga harapan mampu menjadi objek wisata andalan, baik di tingkat nasional maupun internasional

Di Jawa Ada rumah Joglo, yang memiliki ciri khas gaya hidup aristokrat Jawa. Gaya arsitektur Jawa masih sangat popular saat ini. Bahkan menjadi inspirasi resort-resort di Bali. Rumah Jawa merupakan lambang status bagi penghuninya dan juga menyimpan rahasia tentang kehidupan sang penghuni.

Rumah Jawa atau Joglo lebih dari sekedar tempat tinggal. Masyarakat Jawa lebih mengutamakan moral kemasyarakatan dan kebutuhan dalam mengatur warga semakin menyatu dalam satu kesatuan. Semakin lama tuntutan masyarakat dalam keluarga semakin berkembang sehingga timbullah tingkatan jenjang kedudukan antar manusia yang berpengaruh kepada penampilan fisik rumah suatu keluarga. Lalu timbulah jati diri arsitektur dalam masyarakat tersebut.

Joglo terdiri dari beberapa macam. Jenis-jenis joglo yang ada, antara lain : joglo jompongan, joglo kepuhan lawakan, joglo ceblokan, joglo kepuhan limolasan, joglo sinom apitan, joglo pengrawit, joglo kepuhan apitan, joglo semar tinandu, joglo lambangsari, joglo wantah apitan, joglo hageng, dan joglo mangkurat.
Cerita Ragam Arsitektur Indonesia Asli